Pengertian asma

Rabu, 31 Maret 2010

PENGERTIAN ASMA (ASTHMA)

Tahukah anda penyakit asma (asthma) itu ?  penyakit asma adalah suatu keadaan di mana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan. Penyempitan tersebut bersifat sementara, yang dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga. Gejala episodik berulang yang timbul berupa mengi (nafas berbunyi ngik-ngik), sesak nafas, dada terasa berat dan batuk-batuk terutama malam menjelang dini hari.

Jika terjadi serangan penyakit asma, biasanya  otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan yang disebabkan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal tersebut akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan inilah menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernafas.

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT ASMA

Pada penyakit asma, yang biasanya terjadi  adalah mengeluh sesak nafas karena udara pernafasan tidak dapat mengalir dengan lancar pada saluran nafas yang sempit dan biasanya hal tersebut yang menyebabkan nafas berbunyi seperti “ngik-ngik”.  Terjadinya penyempitan saluran pernafasan dapat berupa pengerutan dan tertutupnya saluran oleh dahak yang dirpoduksi secara berlebihan dan menimbulkan batuk sebagai mekanisme respon untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Jika penyakit asma terjadi pada anak-anak, gejala awal penyakit asma bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Selain itu batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala.

Serangan asma yang sangat hebat bisa menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena sulitnya mengatur pernafasan.

APA PENYEBAB TERJADINYA SERANGAN ASMA ?

Hingga saat ini belum ada kesepakatan para ahli  mengenai penyebab mengapa seseorang menderita penyakit asma. Hanya baru diketahui bahwa sel-sel tertentu di dalam saluran udara (sel mast) diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan saluran pernafasan.  Sel mast di sepanjang bronki akan melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya: – kontraksi otot polos – peningkatan pembentukan lendir – perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mengapa sel mast melakukan hal tersebut ? sel mast mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen) yang mencoba masuk, seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.

Penyakit asma juga  bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Tidak terekcuali, reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Keadaan psikologis yang sedang stress atau kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien. Serangan penyakit asma juga bisa dialami oleh beberapa wanita dimasa siklus menstruasi, namun hal ini sangat jarang sekali

Selain itu penyakit asma bisa juga diderita karena faktor keturunan.  Jika seorang ibu atau ayah menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar adanya penderita asma dalam anggota keluarga tersebut.

BAGAIMANA CARA PENCEGAHANNYA ?

Jika penyebab penyakit asma karena faktor keturunan mungkin akan sulit dihindari. Tetapi jika bukan karena keturunan, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya serangan penyakit asma.

1. Mencoba melakukan identifikasi dan menjauhkan diri dari hal yang bisa memicu asma.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika anda penderita asma ialah  mengenali apa yang dapat menyebabkan diri anda terserang asma. Apakah karena okok, polusi udara, bulu binatang, tartrazine (pewarna kuning yang digunakan pada pembuatan makanan dan tablet obat), bahan pengawet, udara dingin, dan lain-lain atau bisa juga karena alergi terhadap sesuatu hal.

Kemudian sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan hal-hal tersebut. Akan tetapi  jika hal yang menyebabkan asma ada di lingkungan sekitar anda dan sulit untuk dihindari, andadapat melindungi diri anda dengan menggunakan masker, sebagai contoh, untuk mencegah kontak dengan debu dan bulu binatang, atau dengan mencuci tangan agar tidak terjadi infeksi pada saluran pernapasan.

2. Mengkonsumsi obat dan makanan pencegah asma

Selalu mengkonsumsi obat dan makanan yang bisa membantu mencegah asma. Salah satu yang bisa anda konsumsi adalah Jelly gamat Gold. Menurut Subhuti Dharmananda, PhD dari Institut Pengobatan Tradisional Portland, Amerika Serikat mengungkap jelly gamat  mengandung asam lemak metiltetradekanoik penghambat kinerja enzim lipoksigenase. Enzim itu memacu kerusakan saluran pernapasan penyebab asma. Menurutnya, kandungan nutrisi lengkap menyebabkan ginseng dasar laut itu menjadi suplemen mujarab. Oleh karena itu, bukan tak mungkin gamat menjadi tumpuan para penderita penyakit stroke dan asma menahun yang merindukan kesembuhan.

3. Selalu waspada dengan mengamati dan kenali tanda-tanda awal serangan asma

Untuk anda yang penderita asma jangan lupa untuk mengamati tanda-tanda awal terjadinya serangan asma. Karena  serangan asma tidak akan muncul tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Itulah mengapa penting sekali anda untuk mengenali  gejala awalnya, seperti batuk, sesak napas, nafas yang berbunyi, rasa sangat capek.

Jelly gamat sembuhkan asma
Tahitian noni sembuhkan asma

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan isi tema atau untuk sekedar mendapatkan backlink